KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN
Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien merupakan pengalaman belajar timbal balik dan pengalaman emosional bagi pasien.Dalam hal ini, perawat menggunakan tehnik-tehnik klinik tertentu dalam menangani pasien. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam hal pengobatan dan perawatan penyakitnya, serta mempunyai peranan yang cukup besar bagi kepuasan pasien yang berobat dan dirawat, sebaliknya komunikasi yang tidak baik akan mengurangi kepuasan pasien. Penggunaan komunikasi terapeutik merupakan media dalam mengembangkan hubungan antara perawat dan pasien. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh pasien kemudian dibandingkan dengan yang diharapkannya (Pohan, 2010).Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pada seseorang setelah membandingkan kinerja yang dia rasakan dibanding dengan harapannya. Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja...