KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN

     Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien merupakan pengalaman belajar timbal balik dan pengalaman emosional bagi pasien.Dalam hal ini, perawat menggunakan tehnik-tehnik klinik tertentu dalam menangani pasien. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam hal pengobatan dan perawatan penyakitnya, serta mempunyai peranan
yang cukup besar bagi kepuasan pasien yang berobat dan dirawat, sebaliknya komunikasi yang tidak baik akan mengurangi kepuasan pasien.
Penggunaan komunikasi terapeutik merupakan media dalam mengembangkan hubungan antara
perawat dan pasien.
     Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh pasien kemudian dibandingkan dengan yang diharapkannya (Pohan,
2010).Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pada seseorang setelah membandingkan kinerja yang dia rasakan dibanding dengan harapannya.
Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapan. Ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan harapannya (Kotler, 2010 dalam Nursalam, 2017 ). Kepuasan seseorang penerima
jasa layanan dapat tercapai apabila kebutuhan, keinginan, dan harapanya dapat dipenuhi melalui jasa atau produk yang dikonsumsinya. Kepuasan pasien dapat berhubungan dengan berbagai
aspek di antaranya mutu pelayan, prosedur serta sikap yang diberikan oleh pemberi pelayanan kesehatan itu sendiri ( Azwar, 2010).

Postingan populer dari blog ini

Resume Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi

Resume Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa

Resume Alur penggunaan dan pelayanan di Perpustakaan